Science, Culture and Technology

PERENCANAAN PEMBELAJARAN - Glen Alvaro Blog

PERENCANAAN PEMBELAJARAN


1. Apa yang dimaksud dengan Perencanaan Pembelajaran?

2. Jelaskan Prinsip-prinsip Perencanaan Pembelajaran?

3. Jelaskan Unsur-unsur Perencanaan Pembelajaran?

4. Jelaskan Fungsi Perencanaan Pembelajaran?

5. Sebutkan komponen Perencanaan Pembelajaran?

Jawab :

1. Perencanaan Pembelajaran adalah pengambilan keputusan yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan, atau biasanya disebut dengan suatu rencana yang bermakna sebuah dokumen yang diambil dari hasil kegiatan.

2. Prinsip-Prinsip Perencanaan Pembelajaran

  • Menetapkan apa yang mau dilakukan oleh guru, kapan dan bagaimana cara melakukannya dalam implementasi pembelajaran.
  • Membatasi sasaran atas dasar tujuan intruksional khusus dan menetapkan pelaksanaan kerja untuk mencapai hasil yang maksimal melalui prosess penentuan target pembelajaran.
  • Mengembangkan alternatif-alternatif yang sesuai dengan strategi pembelajaran.
  • Mengumpulkan dan menganalisis iniformasi yang penting untuk mendukung kegiatan pembelajaran.
  • Mempersiapkan dan mengkomunikassikan rencana-rencana daan keputusan-keputusan yang berkaitan dengan pembelajaaran kepada pihak yang berkepentingan.

3. Unsur-unsur Perencanaan Pembelajaran

  •      Identifikasi Masalah Pembelajaran 

        Tujuan dari tahapan ini adalah mengidentifikasi antara tujuan menurut kurikulum yang berlaku dengan fakta yang terjadi di lapangan baik yang menyangkut model, pendekatan, metode, teknik maupun strategi yang digunakan guru. 

  •      Analisis Siswa 

        Analisis ini dilakukan untuk mengetahui tingkah laku awal dan karateristik siswa yang meliputi ciri, kemampuan dan pengalaan baik individu maupun kelompok. 

  •      Analisis Tugas 

            Analisis ini adalah kumpulan prosedur untuk menentukan isi suatu pengajaran, analisis konsep, analisis pemrosesan informasi, dan analisis prosedural yang digunakan untuk memudahkan pemahaman dan penguasaan tentang tugas-tugas belajar dan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan lembar kerja siswa (LKS). 

  •      Merumuskan Indikator

        Analisis ini berfungsi sebagai 1) alat untuk mendesain kegiatan pembelajaran, 2) kerangka kerja dalam merencanakan mengevaluasi hasil belajar siswa, dan 3) panduan siswa dalam belajar.

  •      Penyusunan Instrumen Evaluasi 

        Bertujuan untuk  menilai hasil belajar, kriteria  penilaian yang digunakan adalah penilaian acuan patokan, hal ini dimaksudkan untuk mengukur ketuntasan pencapaian kompetensi dasar yang telah dirumuskan.

  •       Strategi Pembelajaran

    Pada tahap  ini pemilihan strategi belajar mengajar yang sesuai dengan tujuan. Kegiatan ini meliputi: pemilihan model, pendekatan, metode, pemilihan format, yang dipandang mampu memberikan  pengalaman yang berguna untuk mencapai tujuan pembelajaran.

  •       Pemilihan Media atau Sumber Belajar

    Keberhasilan pembelajaran sangat tergantung pada penggunaan sumber pembelajaran atau media yang dipilih, jika sumber-sumber pembelajaran dipilih dan disiapkan dengan hati-hati, maka dapat memenuhi tujuan pembelajaran.

  •       Menyiapkan Evaluasi hasil belajar dan Hasil Program
               Menyiapkan Evaluasi hasil belajar siswa dalam proses rancangan pembelajaran
  •       Melakukan Kegiatan Revisi Perangkat Pembelajaran

    Setiap langkah rancangan pembelajaran selalu dihubungkan dengan revisi. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengevaluasi dan memperbaiki rancangan yang dibuat.

4. Fungsi Perencanaan Pembelajaran :

  • Melalui proses perencanaan yang matang, guru dapat mengukur setiap waktu yang diperlukan untuk menyampaikan bahan pelajaran tertentu, dapat menghitung jam pelajaran efektif.
  • Mengontrol keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam suatu proses pembelajaran. 
  • Sebagai alat untuk membantu pengelolaan pendidikan
  • Membantu guru memperjelas pemikiran tentang sumbangan pembelajarannya terhadap pencapaian tujuan pendidikan.
  • Sebagai pedoman dan acuan belajar siswa, karena materi pelajarannya sudah terencana.
  • Sebagai persiapan belajar siswa, karena materi pelajarannya tidak akan berubah-ubah lagi (sudah terencana)
  • Menjadikan siswa senang dalam belajar, karena pembelajarannya terencana

5. Komponen-komponen dalam Perencanaan Pembelajaran

  • Tujuan pembelajaran
  • Isi (materi pembelajaran)
  • Kegiatan Pembelajaran (Kegiatan Belajar Mengajar)
  • Metode
  • Media dan Sumber Belajar; dan
  • Evaluasi.
Sumber :

Share:

No comments:

Post a Comment

Tambahkan Komentar Anda

Kalender

Daftar Isi

Postingan terbaru

Label

Popular Posts