1. Apa yang dimaksud dengan Perencanaan Pembelajaran?
2. Jelaskan
Prinsip-prinsip Perencanaan Pembelajaran?
3. Jelaskan Unsur-unsur
Perencanaan Pembelajaran?
4. Jelaskan Fungsi
Perencanaan Pembelajaran?
5. Sebutkan komponen
Perencanaan Pembelajaran?
Jawab :
1. Perencanaan Pembelajaran adalah pengambilan keputusan
yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan, atau biasanya disebut dengan suatu
rencana yang bermakna sebuah dokumen yang diambil dari hasil kegiatan.
2.
Prinsip-Prinsip Perencanaan Pembelajaran
- Menetapkan apa yang mau dilakukan oleh guru, kapan dan bagaimana cara melakukannya dalam implementasi pembelajaran.
- Membatasi sasaran atas dasar tujuan intruksional khusus dan menetapkan pelaksanaan kerja untuk mencapai hasil yang maksimal melalui prosess penentuan target pembelajaran.
- Mengembangkan alternatif-alternatif yang sesuai dengan strategi pembelajaran.
- Mengumpulkan dan menganalisis iniformasi yang penting untuk mendukung kegiatan pembelajaran.
- Mempersiapkan dan mengkomunikassikan rencana-rencana daan keputusan-keputusan yang berkaitan dengan pembelajaaran kepada pihak yang berkepentingan.
3. Unsur-unsur
Perencanaan Pembelajaran
- Identifikasi Masalah Pembelajaran
- Analisis Siswa
Analisis ini dilakukan untuk mengetahui tingkah laku awal dan karateristik siswa yang meliputi ciri, kemampuan dan pengalaan baik individu maupun kelompok.
- Analisis Tugas
Analisis ini adalah kumpulan prosedur untuk menentukan isi suatu pengajaran, analisis konsep, analisis pemrosesan informasi, dan analisis prosedural yang digunakan untuk memudahkan pemahaman dan penguasaan tentang tugas-tugas belajar dan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan lembar kerja siswa (LKS).
- Merumuskan Indikator
Analisis ini berfungsi sebagai 1) alat untuk mendesain kegiatan pembelajaran, 2) kerangka kerja dalam merencanakan mengevaluasi hasil belajar siswa, dan 3) panduan siswa dalam belajar.
- Penyusunan Instrumen Evaluasi
Bertujuan untuk menilai hasil belajar, kriteria penilaian yang digunakan adalah penilaian acuan patokan, hal ini dimaksudkan untuk mengukur ketuntasan pencapaian kompetensi dasar yang telah dirumuskan.
- Strategi Pembelajaran
Pada tahap
ini pemilihan strategi belajar mengajar yang sesuai dengan tujuan. Kegiatan ini
meliputi: pemilihan model, pendekatan, metode, pemilihan format, yang dipandang
mampu memberikan pengalaman yang berguna untuk mencapai tujuan
pembelajaran.
- Pemilihan Media atau Sumber Belajar
Keberhasilan pembelajaran sangat tergantung pada penggunaan sumber pembelajaran atau media yang dipilih, jika sumber-sumber pembelajaran dipilih dan disiapkan dengan hati-hati, maka dapat memenuhi tujuan pembelajaran.
- Menyiapkan Evaluasi hasil belajar dan Hasil Program
- Melakukan Kegiatan Revisi Perangkat Pembelajaran
Setiap langkah rancangan pembelajaran selalu dihubungkan dengan revisi. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengevaluasi dan memperbaiki rancangan yang dibuat.
4. Fungsi
Perencanaan Pembelajaran :
- Melalui proses perencanaan yang matang, guru dapat mengukur setiap waktu yang diperlukan untuk menyampaikan bahan pelajaran tertentu, dapat menghitung jam pelajaran efektif.
- Mengontrol keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam suatu proses pembelajaran.
- Sebagai alat untuk membantu pengelolaan pendidikan
- Membantu guru memperjelas pemikiran tentang sumbangan pembelajarannya terhadap pencapaian tujuan pendidikan.
- Sebagai pedoman dan acuan belajar siswa, karena materi pelajarannya sudah terencana.
- Sebagai persiapan belajar siswa, karena materi pelajarannya tidak akan berubah-ubah lagi (sudah terencana)
- Menjadikan siswa senang dalam belajar, karena pembelajarannya terencana
5. Komponen-komponen
dalam Perencanaan Pembelajaran
- Tujuan pembelajaran
- Isi (materi pembelajaran)
- Kegiatan Pembelajaran (Kegiatan Belajar Mengajar)
- Metode
- Media dan Sumber Belajar; dan
- Evaluasi.
No comments:
Post a Comment
Tambahkan Komentar Anda