Science, Culture and Technology

Jurnal Penelitian - Glen Alvaro Blog

Jurnal Penelitian

5 ARTIKEL PENELITIAN BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


1. PENGGUNAAN MEDIA VIDEO BLOGGING (VLOGGING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

link :

2. PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN

link :

3. PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PERGURUAN TINGGI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

link :

4. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

link :

5. KONTRIBUSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI PENDIDIKAN INDONESIA

link :

PENGGUNAAN MEDIA VIDEO BLOGGING (VLOGGING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Latar Belakang

    Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang semakin pesat, menuntut masyarakat untuk mengikuti perkembangannya. Salah satu bidang yang mendapatkan dampak cukup berarti dengan perkembangan teknologi ini adalah proses pembelajaran dalam bidang pendidikan, dimana pada dasarnya proses pembelajaran dalam pendidikan merupakan suatu proses komunikasi dari pendidik kepada peserta didik yang berisi informasi-informasi pendidikan. Perkembangan teknologi mengharuskan para guru melakukan berbagai inovasi agar proses pembelajaran selalu relevan dengan perkembangan tersebut. Era globalisasi yang sudah dimasuki membuat para guru tidak bisa tinggal diam dan tetap menerapkan pola belajar konvensional dengan hanya menggunakan metode ceramah dan menghafal saja.

    Sudah menjadi tugas guru untuk mengemas bahan pelajaran dalam bentuk media yang mampu memediasi siswa agar berkembang dengan memanfaatkan teknologi sebagai produk TIK. Guru perlu mengadopsi peran baru yang sebelumnya sebagai sumber utama informasi menjadi fasilitator pengguna teknologi dalam pembelajaran. Sementara peran siswa dari penerima informasi yang pasif akan menjadi partisipan aktif sebagai pengguna teknologi yang bisa memanfaatkan media sebagai penunjang aktifitas pembelajaran.
Penggunaan media mampu memberi solusi untuk meningkatkan daya tarik dalam pembelajaran. Media yang terintegrasi dalam teknologi pendidikan bila dirancang dan digunakan dengan benar dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran. Hal itu akan sangat membantu keterbatasan seorang guru dalam menangani peserta didik, karena media pada dasarnya dapat memberikan gairah belajar pada siswa.

    Pemanfaatan media blog memang menuai banyak manfaat, tak terkecuali bagi para siswa yang sudah terbiasa menggunakan layanan internet. Dengan kehadiran blog siswa sangat terbantu dalam mencari sumber referensi.
 
    Media ini bisa dimanfaatkan sebagai penunjang aktifitas pembelajaran. Hal ini senada dengan pendapat Rusman (2011:263), “Pembelajaran berbasis web merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media situs (website) yang bisa diakses melalui jaringan internet. Pembelajaran berbasis web atau yang dikenal juga dengan “web based learning“ merupakan salah  satu jenis penerapan dari pembelajaran elektronik (e-learning).

    Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mencoba melakukan penelitian mengenai “Penggunaan Media Video Blogging (Vlogging) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi”

Rumusan Masalah

    Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan, masalah umum penelitian ini adalah "Apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar dengan menggunakan media Vlogging dengan siswa yang belajar dengan yang menggunakan media E- modul pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi?"

Masalah umum penelitian tersebut dijabarkan ke dalam masalah khusus penelitian sebagai berikut :
        1. Apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada aspek ingat                 (C1) pada Mata Pelajaran TIK antara siswa yang belajar menggunakan media Vlogging                          dengan siswa yang belajar dengan yang menggunakan media E-modul?
         2.    Apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada aspek                            pemahaman (C2) pada Mata Pelajaran TIK antara siswa yang belajar menggunakan media                     Vlogging dengan siswa yang belajar dengan yang menggunakan media E-modul?
         3. Apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada aspek                            penerapan (C3) pada Mata Pelajaran TIK antara siswa yang belajar menggunakan media                        Vlogging dengan siswa yang belajar dengan yang menggunakan media E-modul?

Hipotesis

    Hipotesis adalah dugaan jawaban yang dibuat oleh peneliti bagi problematika yang diajukan dalam penelitiannya. Dugaan jawaban tersebut merupakan kebenaran yang sifatnya sementara, yang kemudian akan diuji kebenarannya dengan data yang dikumpulkan melalui penelitian. Adapun ciri-ciri hipotesis yang baik menurut Winarno Surakhmad (dalam Mohammad Ali, 1982:50) ialah: “pertama, hipotesa harus tumbuh dari atau ada hubungannya dengan penyelidik. Kedua, hipotesa harus dapat diuji. Ketiga, hipotesa harus sederhana dan terbatas.”

Berdasarkan pendapat para ahli diatas maka hipotesis yang akan diuji dalam penelitian ini adalah :
1. Hipotesis Umum

Hipotesis Nol (Ho : µ1 = π2)

Tidak terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan pada Mata Pelajaran     Teknologi Informasi dan Komunikasi antara siswa yang belajar menggunakan media Vlogging dengan siswa yang belajar dengan yang menggunakan media E-modul.

Hipotesis Kerja (Hi : µ1 ≠ µ2)

Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi antara siswa yang belajar menggunakan media Vlogging dengan siswa yang belajar dengan yang menggunakan media E-modul.

2. Hipotesis Khusus

a. Hipotesis Nol (Ho : µ1 = π2)
        Tidak terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan pada aspek ingat (C1) pada Mata Pelajaran TIK antara siswa yang belajar menggunakan media Vlogging dengan siswa yang belajar dengan yang menggunakan media E-modul.

b. Hipotesis Kerja (Hi : µ1 ≠ µ2)
        Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan pada aspek ingat (C1) pada Mata Pelajaran TIK antara siswa yang belajar menggunakan media Vlogging dengan siswa yang belajar dengan yang menggunakan media E-modul.

Sumber



 

Share:

No comments:

Post a Comment

Tambahkan Komentar Anda

Kalender

Daftar Isi

Postingan terbaru

Label

Popular Posts